Select Page

Sosialisasi KB, Amirullah Hamzah Ungkapkan Perjuangan Aliyah Mustika Untuk Masyarakat

Sosialisasi KB, Amirullah Hamzah Ungkapkan Perjuangan Aliyah Mustika Untuk Masyarakat

Makassar, Inspirasisulawesi.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Komisi IX DPR RI turun langsung ke tengah masyarakat guna mensosialisasikan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) di Sinasara, kelirahan Kaluku Bodoa, kecamatan Tallo, Kota Makassar, Kamis (14/03/2019).

Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Sulsel, Amirullah Hamzah, mengatakan program KKBPK bertujuan untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan berkualitas. Dilakukan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga dan ekonomi produktif.

“Untuk menjadi keluarga yang berkualitas, keluarga Indonesia perlu mengikuti program Keluarga Berencana (KB) yang sudah dicanangkan oleh pemerintah,” ujar Amirullah Hamzah.

Ia menjelaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dilaksanakan melalui delapan fungsi keluarga.

Diantaranya, fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan.

“Jadi kehadiran kami untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya melaksanakan program KB melalui delapa fungsi keluarga, jadi tidak hanya sekedar perencanaan jumlah keluarga semata tapi ada nilai-nilai sosial didalamnya,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa terlaksananya program KKBPK di Makassar adalah dukungan dan perjuangan Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.

Dalam arahannya Aliyah berharap, masyarakat dapat memahami pentingnya program KB. Tidak sekedar membatasi jumlah anak, tetapi mampu merencanakan usia pernikahan yang tepat.

“Baiknya itu dilakukan pada usia matang minimal 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki,” ujar isteri Walikota Makassar periode 2004-2014, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) ini.

Sementara itu, Tokoh masyarakat Sinasara, Waris Rahman mengungkapkan bahwa, dari kegiatan ini masyarakat mendapatkan banyak manfaat.

“Ada banyak manfaat yang kami dapatkan dari kegiatan ini, tentang bagaimana merencanakan kehidupan keluarga agar lebih baik lagi nantinya,” tutur Waris Rahman. (#IS)

About The Author

Redaksi

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Leave a reply