Pilih Halaman

dirgahayu RI 2019

Pemuda Tangguh Tanggap Bencana

Pemuda Tangguh Tanggap Bencana

Makassar, Inspirasisulawesi.com – Indonesia merupakan negara yang sangat rawan terjadi bencana, ini karena letak geografis dan kondisi alamnya. Bencana itu bisa berupa gempa bumi, banjir, tanah longsor dan bencana lainnya.

Pemaparan itu tertuang dalam dialog publik, yang diselenggarakan oleh Forum Sulsel Peduli (FSP), dalam memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, dan mengangkat tema, “Pemuda Tangguh Tanggap Bencana”. Kegiatan diselenggarakan di Warkop Bundu, Jalan Tallasalapang, Makassar, Selasa (29/10/2019).

Menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Dr. Syamsu Rizal, Kabasarnas Kota Makassar, Mustari. SE. MM, sejumlah Ormas yakni LMPI Sulsel dan instansi pemerintah.

Ketua Umum Forum Sulsel Peduli, Dr. Syamsu Rizal menjelaskan, bahwa dengan kondisi seperti ini, semestinya masyarakat harus bisa paham dan tanggap dalam menghadapi bencana. Sehingga saat bencana terjadi, masyarakat memiliki kesiapan dan langkah- langkah taktis yang bisa dilakukan.

“Kita ini negara yang terkenal sebagai negara yang makmur loh jinawi, tapi kita juga negara yang berada pada posisi yang rawan bencana, sehingga masyarakat harus tanggap dalam menghadapi bencana,” ujar Deng Ical, sapaan akrab Syamsu Rizal.

Mantan Wakil Walikota Malassar ini, mengungkapkan bahwa Pemuda Pemudi di Kotabaru harus tangguh dalam masalah bencana.

Hal senada juga diungkapkan, oleh Kepala Basarnas Kota Makassar, Mustari. SE. MM. Menurutnya, pemerintah sudah memiliki protap dalam penanggulangan bencana. Mulai dari antipasi, pencarian, hingga pertolongan.

“Hanya memang harus terus didorong, kesadaran dan partipasi masyarakat dalam menghadapi bencana yang ada,” ujarnya.

Karenanya dia berharap, agar dengan berbagai kegiatan ini bisa mendorong kesadaran masyarakat untuk tanggap bencana. (*/AR)

Tentang Penulis

Redaksi

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Tinggalkan Balasan