Select Page

“Makassar Harus Sehat”, Pakar : Program Appi Inovatif dan Peduli Kepada Masyarakat

“Makassar Harus Sehat”, Pakar : Program Appi Inovatif dan Peduli Kepada Masyarakat

Makassar, Inspirasisulawesi.com– Kembali Komunitas Wartawan Sulawesi Selatan menggelar Diskusi dengan Menghadirkan Bakal Calon Walikota Makassar Munafri Arifuddin bersama Dua Pakar yakni Dr Alam Tauhid Syukur, Pakar kebijakan publik dari Politeknik STIA LAN Makassar dan Pakar Kesehatan dari Universitas Bosowa, dr. Alwi A. Mappiase, Sp.KK, Ph.D, FINSDV. Yang dilaksanakan di Café Res_Publica, jalan Pettarani, Ahad (15/3/2020).

Dalam diskusi ini Munafri Arifuddin katakan mengapa program “Makassar Harus Sehat” ini sangat penting dan butuh perhatian serius dikarenakan masih banyak lingkungan kumuh serta sangat jauh dari standarnisasi pemukiman yang layak, Ucapnya.

“Saya sering mendapati dan melihat langsung kondisi rumah warga, memang sangat miris melihatnya, dimana sirkulasi udara didalam rumah atau lingkungan sekitar kita, ini semua adalah sumber penyakit yang akan timbul” terangnya.

Sistem pelayan di Makassar juga nanti harus berbasis digital, dokter dokter di setiap kelurahan harus siap siaga, serta penempatan apotik dan Dokter disetiap pulau-pulau, jadi kita harus menjamin kesehatan masyarakat tidak boleh membedakan bedakan warga yang butuh pelayanan saat sakit, tegas Appi.

Program inovatif dibidang Kesehatan yang bertajuk “Makassar Harus Sehat” mendapat apresiasi.

Apresiasi itu disampaikan langsung oleh Pakar kebijakan publik dari Politeknik STIA LAN Makassar, Dr. Alam Tauhid Syukur, bahwa program Appi kedepan yakni “Makassar Harus Sehat” inovatif dan sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kita dan tidak membeda-bedakan golongan apapun.

Kita bisa lihat Permendagri 86/2017 tentang pedoman rancangan pembangunan jangka panjang daerah dan jangka menengah daerah sangat sesuai dengan program-program yang dimiliki oleh Munafri Arifuddin, Pungkasnya.

“Saya melihat Banyak Bakal Calon Walikota sulit membedakan antara kebutuhan dengan keinginan”.

Sementara itu dr. Alwi A. Mappiase, Sp.KK, Ph.D, FINSDV. Selaku pakar kesehatan dari Universitas Bosowa mengatakan, Puskesmas Terapung serta penempatan apotik antar pulau adalah sebuah program yang religius dan sangatlah inovatif dimiliki oleh Munafri Arifuddin, Ungkapnya.

Kita perlu ketahui bagaimana kondisi jarak tempuh apabila masyarakat yang berada di pulau membutuhkan obat-obatan dan penanganan yang serius dari Dokter dalam waktu cepat, namun keterbatasan yang ada disana sangatlah tidak memungkinkan untuk ditangani cepat, mereka harus menyebrang melewati laut untuk bisa sampai dikota dan apabila mereka sampai di kota mereka akan berada di kota selama seminggu lebih, Tuturnya.

“Sangat ironis saat mereka harus membeli obat dan harus menyeberang lautan dulu”

Inilah program Appi yang inovatif dan peduli akan masyarakat dan saya melihat program yang dimiliki ini adalah solusi buat masyarakat luas, Tutup dr Alwi.

About The Author

Redaksi

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Leave a reply