Pilih Halaman

dirgahayu RI 2019

Mahasiswa Unismuh Lakukan Penelitian Sosio-Kultural Mammaudu

Mahasiswa Unismuh Lakukan Penelitian Sosio-Kultural Mammaudu

Pangkep, Inspirasisulawesi.com – Mahasiswa Unismuh Makassar, melakukan penelitian Sosio-Kultural yang dilakukan di kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep. Kegiatan penelitian tersebut dilaksanakan pada pertengahan bulan Februari hingga Maret lalu.

Mammaudu merupakan kegiatan penyambutan Maulid Nabi Muhammad SAW. Perayaan tradisi mammaudu di desa Sengkae Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep telah lama di lakukan.

Perayaan ini adalah hasil dari tradisi turun temurun dari orang-orang terdahulu. Sebagian warga mengungkapkan bahwa tradisi ini berlangsung pada tahun 1980, ketika masjid Babut Taqwa yang ada di desa Sengkae berdiri.

Nurul Fadilah mengungkapkan, bahwa dengan adanya tradisi Mammaudu di Kabupaten Pangkep, masyarakat lebih mudah meningkatkan keakraban. Adapun mengenai makna simbolik perayaan Mammaudu yang dianggap melanggar syariat Islam, hal tersebut dikembalikan kepada niat pelaksana, Selasa (18/06/2019).

Hasil penelitian yang didapatkan, bahwa Makna dari tradisi mammaudu tidak terlalu diketahui oleh masyarakat Sengkae. Karena, tradisi tersebut hanya peninggalan turun temurun tanpa mengetahui apa makna yang terkandung dalam perayaan tersebut.

Kurangnya masyarakat yang mengetahui makna diadakannya tradisi tersebut, mengakibatkan trdisi mammaudu pernah ingin dihilangkan. Karena masyarakat yang bergabung dalam organisasi Muhammadiyah menentang diadakannnya tradisi tersebut, karena tidak sesuai dengan syariat Islam. (*/IS)

Tentang Penulis

Redaksi

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Tinggalkan Balasan