Pilih Halaman

dirgahayu RI 2019

Lantamal VI Sigap Atasi Serangan Udara Masih

Lantamal VI Sigap Atasi Serangan Udara Masih

Makassar, Inspirasisulawesi.com – Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI Kamis (30/03/2017) suasan berubah menjadi sangat tegang, seiring dengan bunyi sirine tanda bahaya. Beberapa detik kemudian, ratusan prajurit Lantamal VI terlihat berhamburan sambil membawa senjata dan bersiaga di sejumlah titik strategis.Sementara di pengeras suara pangkalan terdengar seperti suara komando, agar para prajurit bersiaga menghadapi serangan udara. Ratusan prajurit TNI AL ini diperintahkan untuk mempertahankan pangkalan dari serangan musuh.

Selang tak lama kemudian terlihat 2 pesawat musuh terbang rendah menyerang Lantamal VI  dari dua arah berbeda. ratusan pasukan TNI AL yang telah bersiaga langsung mempertahankan pangkalannya dan melakukan penyerangan terhadap pesawat musuh.Dengan sigap Ddan cepat prajurit Lantamal VI mampu mengatasi serangan udara tersebut dengan menambak jatuh pesawat tempur musuh.

Namun demikian, pesawat musuh berhasil membom ruang Panti Perrwira Jaladri hingga terbakar. Dengan sigap sejumlah prajurit memadamkan ruangan tersebut yang terbakar serta menolong satu prajurit yang menderita luka bakar akibat berusaha memadamkan api.

Suasana ketegangan yang terjadi seketika berubah karena hanyalah simulasi dalam pertahanan pangkalan TNI Angkatan Laut dari serangan musuh.

Menurut Asops Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Anang Nurjatmiko  selaku koodinator  simulasi pertahanan pangkalan dari serangan udara skenario latihan sebagai penilaian terhadap seluruh pangkalan TNI Angkatan Laut yang merupakan bagian dari Gladi Tugas Tempur(Glagaspur).

Lebih lanjut beliau menjelaskan simulasi ini untuk meningkatkan kemampuan pasukan TNI AL dalam mempertahankan NKRI.

Simulasi  yang melibatkan seluruh prajurit Lantamal VI dan Yonmarhanlan VI ini berlangsung di sekitaran Mako dan Dermaga layang Lantamal VI.

Laporan : **Aslang(Yudha)

Tentang Penulis

Redaksi

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Tinggalkan Balasan