Pilih Halaman

dirgahayu RI 2019

LA2H Siap Diluncurkan, BRORIVAI Center Bantu Masyarakat Yang Memiliki Masalah Hukum

LA2H Siap Diluncurkan, BRORIVAI Center Bantu Masyarakat Yang Memiliki Masalah Hukum

Makassar, Inspirasisulawesi.com – Dalam rangka penegakan Hukum dan HAM dan menopang demokrasi di Indonesia, Brorivai Center Foundation akan memperluas perannya dalam memberikan bantuan & advokasi hukum dan pembelaan Hak-hak Asasi Manusia.

Kini BRORIVAI Center telah membentuk Lembaga Advokasi Hukum dan HAM yang disingkat BRC-LA2H yang berkedudukan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Maksud dan tujuan lembaga ini dibentuk adalah ikut serta dalam mendorong pembinaan hukum yang berkelanjutan dan membantu pemerintah dalam mewujudkan kesadaran hukum masyarakat.

“Seperti diketahui bahwa setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum,” kata CEO BRORIVAI Center, dr. Nindya Ayu Beddu, MS kepada media, Sabtu (18/05/2019).

Lebih jauh kata Nindya, Brorivai Center ke depan juga akan terlibat dalam upaya membangun masyarakat cerdas hukum guna mendekatkan dan memperluas akses keadilan.

“Khususnya bagi masyarakat tidak mampu termasuk pihak yang membutuhkan bantuan atau pembelaan untuk memastikan hak kesetaraan, kewajaran, dan keadilan,” terangnya.

Pihaknya berharap, berbagai program kegiatan layanan BRC-LA2H, baik litigasi maupun non litigasi, dapat membantu mempermudah akses keadilan dan pemahaman hukum bagi masyarakat.

“Fungsi advokasi akan difokuskan pada tiga segmen, yakni pertama, advokasi diri (advokasi yang dilakukan dalam skala lokal), kedua, advokasi kasus (advokasi yang dilakukan sebagai proses pendampingan terhadap orang atau kelompok tertentu), dan ketiga, advokasi hukum yang mencakup serangkaian tindakan yang dilakukan oleh tim ahli hukum dan atau BRC-LA2H dalam bentuk konsultasi, negosiasi, mediasi, serta pendampingan baik di dalam dan di luar Pengadilan,” jelasnya.

Sekadar informasi, BRC-LA2H akan segera diluncurkan secara resmi pekan ini dengan mengundang beberapa lembaga hukum, tokoh dan praktisi lainnya. (#IS)

Tentang Penulis

Redaksi

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Tinggalkan Balasan