Select Page

IKA Unhas Jabodetabek Salurkan Bantuan Korban Banjir, Arwo : Ini Inisiatif dan Kepedulian Teman-teman

IKA Unhas Jabodetabek Salurkan Bantuan Korban Banjir, Arwo : Ini Inisiatif dan Kepedulian Teman-teman

Gowa, Inspirasisulawesi.com- Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang lebih dikenal dengan IKA UNHAS Jabodetabek menyalurkan bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Gowa, pada Selasa 29 Januari 2019. Dan Sejumlah bantuan yang disalurkan pada Desa Sapaya dan Desa Sicini.

Sumbangan berasal dari alumni UNHAS lintas fakultas yang berdomisili di daerah Jabodetabek yang terkumpul atas prakarsa A. Razak A Wawo (FT 81), Awaluddin Sarmidi (FAPERTA 87), M. Sapri Pamulu (FT 87), Farida Toekan (FE 88), A. Suriadi Panangeang (FIB 89), Yansi Tenu (FISIP 88), dan A. Aisyah Lamboge (FAPERTA 96).

Diketahui bahwa Desa Sapaya, Kecamatan Parigi adalah desa yang paling terdampak. Sebanyak 20 orang dikabarkan meninggal dunia karena tanah longsor dan banjir di desa tersebut. Akses jalan tertutup selama beberapa hari terakhir. Rencananya titik lokasi bantuan adalah Desa Sapaya, namun medan yang berat dengan jalan lumpur, berbatu dan licin menuju desa tersebut belum bisa dilalui oleh mobil. Sementara hanya dapat ditempuh dengan mengendarai motor trail.

Sehingga tim lokal yang terdiri dari Nurhuda Rasyid (FIB 93), M. Amrah (FT 93), Anshar Saud (FF 96) dan M. Syaiful (FF 07) memutuskan untuk mengedrop barang-barang bantuan di desa terdekat yaitu Desa Sicini. Tim lokal adalah pengurus IKA Alumni UNHAS Jabodetabek yang ditugaskan untuk menyampaikan amanah dari para donatur.

Untuk Desa Sicini sendiri mengalami kondisi tanah longsor di lima titik yang menyebabkan beberapa rumah tertimbun tanah. Dilaporkan tidak ada korban jiwa di desa ini, namun satu jalan utama desa yang menghubungkan dengan desa sekitar terputus karena longsoran dari bukit akibat hujan deras sehingga selama beberapa hari masyarakat terisolir dan kesulitan mengakses bahan makanan.

Dimana diketahui bersama bahwa Bantuan secara resmi diterima langsung oleh M. Risal, Kepala Desa Sicini dan Basri, perwakilan pemuda Desa Sapaya yang mengungsi ke rumah keluarganya di desa tersebut. Paket bantuan ini untuk disampaikan ke warga desa Sapaya dan Sicini. Beberapa paket diserahkan langsung oleh tim lokal kepada warga masyarakat yang rumahnya tertimpa longsor dan beberapa kepala keluarga di sekitar lokasi jalan yang terputus. Sebagian besar bantuan akan disampaikan kepada para korban di Desa Sapaya dengan menggunakan motor trail pada hari ini, Rabu 30 Januari 2019.

Sementara itu dihubungi ditempat terpisah, A Razak Wawo yang telah menggagas kegiatan sosial ini katakan, Kami turut berduka atas musibah yang terjadi hingga korban jiwa, semoga apa yang terjadi menjadikan kita bersabar dan ikhlas atas musibah ini. Apa yang bisa kita lakukan adalah berikhtiar untuk menolong korban dan menjadikan pembelajaran serta menyiapkan antisipasi agar tidak terulang kembali” ujar A. Razak A Wawo, Ketua Umum IKA UNHAS Jabodetabek.

Lanjut, dikatakan bahwa Apa yang ditempuh teman-teman IKA Unhas Jabodetabek merupakan inisiatif dan kepedulian kami semua kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, pungkas Arwo Sapaan akrabnya yang juga salah satu Calon Legislatif DPR RI dapil 1 dari PDIP.

Sementara itu Daeng Ngemba, mantan kepala dusun Sicini mengucapkan rasa terima kasih kepada para donatur, pengurus dan anggota IKA Unhas Jabodetabek atas bantuannya. Hal ini menunjukkan bahwa rasa persaudaraan kita sesama anggota keluarga besar Sulawesi Selatan masih ada. Kita masih merasakan empati atas kesulitan dan musibah yang dialami saudara-saudara seakan hal itu tertimpa kepada kita sendiri. Rasa siri’ na pacce_ di antara kita itu masih ada, Ucapnya. (*/IS)

About The Author

Redaksi

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Leave a reply