Pilih Halaman

dirgahayu RI 2019

Arqam Azikin Melihat Karya Naidah Adalah Salah Satu Ketahanan Negara Kita

Arqam Azikin Melihat Karya Naidah Adalah Salah Satu Ketahanan Negara Kita

Makassar, Inspirasisulawesi.com-Diskusi buku “Rumah Mengapung Suku Bugis” karya Naida Naing betlangsung di Claro Hotel, jalan AP Pettarani, Ahad (07/04/2019) siang tadi telah dihadirkan panelis dari pemerintah Kabupaten Wajo dan akademisi serta budayawan.

Amran Mahmud, Bupati Wajo, Dr. Eng. Ihsan, Dosen Arsitektur Unhas, dan Arqam Azikin Analis Politik Kebangsaan, serta Dr Suryadi Culla yang menjadi Moderator dalam Diskusi Publik ini.

Arqam Azikin, sangat mengapresiasi peluncuran Buku “Rumah mengapung Suku Bugis” ini dimana saya melihat Ada hal yang menarik dari sisi kebangsaannya, yang mana sebuah negara dapat berdiri kokoh karena kekuatan konteks budaya yang kita miliki, Kita bisa melihat negara seperti Uni Soviet kala dulu, karena kekuatan budaya yang dimilikinya sangat rapuh dan tidak dilestarikan.

Apa yang kita miliki saat ini adalah sebuah Kekuatan budaya kita sangat beragam baik itu lokal maupun budaya nasional kita sehingga kekuatan kita sangat kuat dan tidak tercerai berai, Pungkas Arqam.

Akar kebangsaan kita sangat kuat dan Pertahanan negara kita juga memiliki Kekuatan Budaya yang sangat kaya terkhusus di sulsel dan kabupaten wajo. Kabupaten Wajo dapat dikuatkan secara ikon nasional dan internasioanal, dengan keberagaman antar budaya kita secara nasional seperti yang tergambar dalam ulasan buku ibu Naidah.

Lanjut Dosen Unismuh Makassar ini tekankan, semoga pemerintah kabupaten Wajo, terkhusus Bupati agar terus kuatkan aset kebudayaan dan kearifan lokal bisa secara nasional, dan mengajak peran pemuda wajo memberikan pengetahuan baik itu di kurikulum setiap sekolah terkait Siapa tokoh sejarah dan pejuang wajo selama ini, juga potensi pariwisata yang dimiliki kabupaten Wajo, Tantang Arqam Azikin.

Saya melihat lahirnya buku “Rumah Mengapung Suku Bugis ini, tentunya Naidah Naing adalah seorang sosok dan tokoh perempuan yang Memiliki Jiwa nasionalis yang sangat tinggi, karna karya Bukunya sudah mau diterbitkan di negara lain tapi tetap ingin terbit di Indonesia dulu baru ke negara lainnya.

Sudah pasti Negara akan membutuhkan tokoh-tokoh Perempuan seperti Naidah mengekspresikan semua karya dan penelitian yang dibuatnya bukan hanya ketahanan saja namun budaya adalah salah satu kekuatan yang sangat kuat bagi ketahanan nasional. (Yudha)

Tentang Penulis

Redaksi

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Tinggalkan Balasan