Select Page

Arqam Azikin : Media Pers Itu Harus Memiliki Kantor Redaksi dan Badan Hukum, Serta Pers Adalah Komponen Negara

Arqam Azikin : Media Pers Itu Harus Memiliki Kantor Redaksi dan Badan Hukum, Serta Pers Adalah Komponen Negara

​Makassar, Inspirasisulawesi.com- Dialog Akhir tahun LMP Sul-sel ” Dampak Sosial Media Terhadap Masyarakat, Instansi, Pemerintah dan Swasta” yang dilaksanakan di jalan Boulevard tepatnya di warkop 212, ( Kamis 15/12/16).

Tokoh Akademisi dan Kebangsaan, Arqam Azikin dalam pidatonya mengatakan, Saya di era tahun 90 an salah satu pendiri pers kampus di Unhas, dan selama 7 tahun kami berdiri sebagai media majalah yang terbitnya setiap 6 bulan sekali atau se tahun sekali, dan ini bukan Pers Umum, dan di waktu dulu kami dilarang menggunakan kata Pers di era Orde Baru, dan di era Reformasi kami baru bisa menggunakan kata Pers yakni Unit kegiatan Pers Mahasiswa dan nama media saya pada waktu itu adalah Majalah Baruga pada tahun 1992 dan tentunya pada waktu itu kami harus koordinasi kepada Kanwil Departemen Penerangan pada saat itu, Ucap Arqam.

Menurut Arqam Azikin bahwa Profesional Pers, jangan sampai ada yang salah paham dalam konteks ini, apakah sebenarnya fungsi Pers itu, ada 4 fungsi Pers yang harus kita ketahui bahwa Pers itu adalah sebagai media Informasi, Hiburan, Pendidikan atau edukasi, dan Kontrol Sosial.

Arqam juga menambahkan bahwa, Ada empat Lembaga yang menjadi pilar Negara diantaranya, Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, dan Pers, salah satu elemen yang mendorong demokrasi di Indonesia.

“Media itu harus punya Kantor Redaksi, Data Base, Kredibilitas, Rekafri tentang Kesejahteraan Wartawan, dan perlu saya tekankan bahwa Pers itu adalah salah satu alat atau konteks dimensi dalam Pertahanan Negara”.

Yang di namakan dengan Media atau Pers itu Harus ada harian, mingguan, atau bulanan, memiliki wawancara serta narasumber yang jelas, dan juga harus memiliki badan hukum, dan saya tegaskan kalau ada yang seperti ini media tersebut sekali setahun terbit, itu bukan kategori Pers kalau media terbit enam bulan sekali, atau sekali setahun, Tegas Arqam Azikin.

Pers kedepannya akan menjadi Komponen Negara, yang kita hadapi saat ini di internal negara kita sendiri di karenakan banyaknya skenario di Link berita yang ingin merusak Negara kita sendiri dengan melakukan Invansi Non Militer, dan ada tiga komponen ketahanan Negara kita yakni Sistem pertahanan Negara dlm UU Pertahanan Negara No 2 thn 2003 . Terdiri ; TNI komponen utama , n Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung dalam Pertahanan Negara .

Komponen cadangan ada beberapa didalamnya diantaranya Profesi-profesi atau Pers yang akan membantu Negara Kita dalam melakukan Perang Opini Publik dengan media luar, saya tegaskan bahwa teman-teman Pers lah yang menjadi salah satu Komponen Cadangan di Komponen Negara. Paparnya.

Laporan : Yudha

About The Author

Redaksi

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Leave a reply