Select Page

Advertisement

Sebanyak 260 Perahu Semarakkan Peringatan Tradisi Maulid Di Maros

Sebanyak 260 Perahu Semarakkan Peringatan Tradisi Maulid Di Maros

Maros, Inspirasisulawesi.com- Peringati hari kelahiran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, warga Manippasa mempunyai hal yang unik dalam tradisi setiap tahunnya, yakni mendirikan sebanyak 260 perahu layar, yang siap di dekorasi telur dan pernak – pernik alat rumah tangga sebagai tanda kecitaannya hari lahirnya Rosululloh.

Acara tersebut di sebut dengan Maudu Lompoa yang artinya Maulid besar, yang di gelar di Desa Damai, Dusun Manippasa, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Sabtu (01/12/2018).

Ratusan perahu yang terbuat dari kayu maupun bambu, yang dimana akan dihiasi dengan macam – macam hiasan seperti, telur, layar yang terbuat dari bahan sarung, kain, maupun selimut, dan di ramaikan dengan hadiah berupa pakaian, alat rumah tangga, tas, sepatu, dan banyak lainnya, tergantung dari kemampuan para pemilik perahu menghiasi perahunya tersebut.

Dalam tradisi unik ini, semua isi dari ratusan perahu yang berdiri kokoh yang dipenuhi hiasan hadiah, akan di perebutkan oleh ribuan warga yang hadir dalam acara tersebut, sebagai sedekah para pemilik perahu tersebut.

Sehingga para pemilik akan lebih bersyukur jika perahu miliknya akan habis tanpa ada yang tersisa, menandakan akan kepuasan bagi diri – diri mereka atas perayaan hari kelahiran Rosulullah.

” Kamal mengungkapkan, Acara Maudu Lompoa yang rutin di laksanakan setiap tahunnya, yang sudah sekitar 30 tahun di laksanakan di desa Manipasa, ini salah satu tradisi bagi kita akan kelahiran Nabi Muhammad, atas kecintaan kita kepadanya, saya berharap semoga kedepan akan diberi limpahan rezki, tutupnya. (Fgr)

Advertisement

About The Author

Redaksi

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Leave a reply