Select Page

Advertisement

Guru Besar FKM Unhas Narasumber Tentang Kota Sehat di Healthy Cities Summit

Guru Besar FKM Unhas Narasumber Tentang Kota Sehat di Healthy Cities Summit

Tangerang, Inspirasisulawesi.com – Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, yang juga sebagai Ketua Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Wilayah IV meliputi Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan Papua, Prof. Sukri Palutturi, PhD menjadi salah satu narasumber pada forum nasional bergengsi kabupaten/kota sehat di Indonesia, yang berlangsung di Kota Tangerang Banten, 4-6 November 2018.

Prof. Sukri, yang juga sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas memaparkan materi mengenai kota teknologi dalam mewujudkan kota sehat.

Prof. Sukri menjelaskan kota teknologi ini lebih merujuk pada smart cities atau kota pintar, yaitu sebuah kota yang dapat mengintegrasikan informasi dan teknologi dalam pembangunan.

Sekretaris Forum Kota Sehat Makassar tersebut menambahkan, bahwa Istilah tersebut berbeda dengan kota sehat, namun kita berharap bahwa dimensi-dimensi kota sehat harus menjadi bagian integral dari kota pintar dan sebagainya.

Kota mengalami masalah besar, terutama yang berkaitan dengan masalah lingkungan misalnya sampah, limbah, genangan air, drainase tersumbat dan sosial masalah sosial misalnya anak jalanan, musisi jalanan, pak ogah, tindakan kriminal dan kekerasan dan sebagainya. Untuk memecahkan masalah tersebut pendekatan Healthy Cities adalah sangat efektif.

Healthy Cities adalah makro setting, sehingga untuk mewujudkannya dapat dikembangkan elemental setting misalnya sekolah sehat, pasar sehat, penjara sehat, lorong sehat, rumah sakit sehat dan seterusnya.

Acara dihadiri oleh ribuan peserta dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia dari berbagai instansi misalnya bappeda, dinas kesehatan, dinas koperasi, dinas sosial, dinas pariwisata, dinas pendidikan, dan pihak swasta. Dari pihak kementerian hadir Menteri Kesehatan dan yang mewakili Kementerian Dalam Negeri. Acara tersebut dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan ditutup oleh Walikota Tangerang. (*/AR)

Advertisement

About The Author

Redaksi

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Leave a reply