Select Page

Advertisement

Bimtek Pengawasan SDKP Ajatappareng Ingatkan Nelayan Agar Memahami, Menjaga dan Melestarikan Laut

Bimtek Pengawasan SDKP Ajatappareng Ingatkan Nelayan Agar Memahami, Menjaga dan Melestarikan Laut

Pinrang, Inspirasisulawesi.com – Cabang dinas kelautan dan perikanan melakukan pembinaan teknis pengawasan SDKP wilayah Ajatappareng di desa Ujung Lero, kab. Pinrang, pada Rabu lalu (05/12/2018).

Bimtek pengawasan SDKP wilayah Ajatappareng ini di ikuti, Ir. H. Amri Tjoneng, MM, Kepala Cabang Dinas Kelautan Ajattapareng, Solichin, S.Pi, kasie pengawasan pengendalian sumberdaya kelautan cabang dinas kelautan Ajatappareng, Irwan H dari Polairut, M. Rum mewakili TNI AL, Mifthahuddin kabid pengawasan DKP Sulsel, Sudirman, S.Sos, kepala desa Lero dan kelompok pokmaswas dan nelayan.

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat khususnya para nelayan mengetahui dan memahami tentang alat tangkap apa saja yg dilarang, cara menjaga dan melestarikan sumberdaya kelautan khususnya wilayah Ajatappareng, serta membantu masyarakat mengenai masalah surat menyurat untuk para nelayan.

Amri Tjoneng selaku Kepala CDK Ajatappareng mengemukakan kegiatan tersebut dilakukan secara rutin.

“Kegiatan ini rutin dilakukan yang bertujuan bagaimana mengelola SDKP agar tidak terjadi dampak yang negatif bagi masyarakat terkhususnya para nelayan,” ujarnya.

Selain itu, Irwan H mengemukakan tentang undang-undang dan konsekuensi jika terjadi illegal fishing.

“Adanya illegal fishing akan di tindak lanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Miftahuddin juga mengemukakan bahwa untuk menangkap ikan harus ada kelengkapan surat menyurat atau dokumen yang wajib ada di kapal yaitu siup, sippi, dan slo.

“Kami menyarankan kepada para petani nelayan yang hadir pada pertemuan bimtek ini agar pokmaswas yang sudah terbentuk agar di aktifkan kembali,” tandasnya. (*/IS)

Advertisement

About The Author

Fajri

Inspirasi Sulawesi. Memberikan informasi yang berimbang kepada publik

Leave a reply